Aksi Damai AMARAH di Kantor Bupati dan Gedung DPRD Boalemo

Administrator 02 Juli 2020 0 Kali
Aksi Damai AMARAH di Kantor Bupati dan Gedung DPRD Boalemo

 

Tilamuta - Satpol PP Boalemo melakukan Penanganan Unjuk rasa, kali ini massa aksi dari Desa Hutamonu Kecamatan Botumoito yang mengatas namakan dirinya Aliansi Masyarakat Hutamonu (AMARAH) di Kantor Bupati Boalemo, Kamis (02/07/20).

Dalam kegiatan tersebut massa aksi meminta kepada Bupati Boalemo memberhentikan kepala desa hutamonu karena telah menyalah gunakan wewenang sebagai kepala desa, dan ketua BPD desa hutamonu agar diberhentikan pula, karena tidak mampu menjalankan amanat rakyat dan undang-undang.

Tak hanya itu mereka juga menilai pemerintah desa hutamonu yang saat ini banyak penyimpang dan tidak berpihak pada kehidupan demokrasi masyarkat, dan kurangnya sosialisasi dan informasi tentang kebijakan-kebijakan pemerintah desa saat ini.

Adapun tuntutan yang disuarakan dalam aksi

Pertama;

Perekrutan sekertaris dan kepala dusun desa hutamonu yang tidak sesuai dengan regulasi yang sudah diatur dalam Permendagri Nomor 67 tahun 2017 tentang pengangkatan dan pemberhentian perangkat desa.

 

Kedua;

Pendirian Bumdes yang seharusnya disepakati melalui musyawarah masyarakat berdasarkan Permendes PDTT Nomor 2 Tahun 2015 pasal 88 point 2, namun hal ini tidak dilakukan, bahkan sudah 2 kali melakukan pergantian pengurus Bumdes tidak diketahui oleh masyarakat dan juga laporan pertanggung jawaban pengurus Bumdes sebelumnya tidak dilaksanakan

 

Ketiga:
Dalam Permendgari 110 pasal 31, dan Pasal 32, tentang tugas dan funsi BPD yakni menampung, menyalurkan, menggali, mengelola aspirasi masyarakat, namun tidak dijalankan, terbukti banyak aspirasi dari masyarakat yang tidak dijawab oleh BPD selaku lembaga perwakilan masyaraka yang ada di pemerintahan desa. 

Keempat;

Tidak ada adanya sosialisasi tentang kriteria penerima bansos BLT-DD, BLPD dan tertutupnya pemerintah desa dalam hal verifikasi, validasi dan finalisasi nama-nama penerima bansos,bahkan terindikasi ada sebagian aparat desa masuk sebagai penerima bansos BLP-DD.

 

Kelima;

Terindikasi melakukan ancaman memeberikan cuti terhadap aprat desa yang akan memebuka informasi terkait kebijakan pemerintah desa.

 

Dalam aksi tersebut massa aksi AMARAH di terima oleh Asisten 1 Bupati Boalemo Fatlina Podungge, turut hadir Asisten 2, Kadis Sosial PMD, Kasat Pol PP, Camat Botumoito, Kakan Kesbangpol, KBO Polres Boalemo, Kasat Sabhara


Libat kuat dalam penanganan aksi damai AMARAH

· Sabhara Polres Boalemo

· Satpol PP Boalemo

· Intelkam Polres Boalemo

· Unit Intel Satpol PP Boalemo

 

Kegiatan aksi damai AMARAH berjalan aman dan tertib. [HMS-SATPOLPP]

|

Copyright © 2019 Satuan Polisi Pamong Paraja | Didukung Oleh Smart Data Integrasi