Kasat Pol PP Boalemo Kukuhkan Satlinmas

Administrator 08 Juni 2020 0 Kali
Kasat Pol PP Boalemo Kukuhkan Satlinmas

TILAMUTA - Sebanyak 30 orang Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) se-kabupaten Boalemo dikukuhkan oleh Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Adnan Marzuk, S.ST di Aula Markas Satpol PP, Senin (8/6/20)


Para anggota satlinmas tersebut berasal dari kecamatan Tilamuta, Botumoito, Mananggu. Yang akan dilaksanakan secara bertahap dan dimulai pada hari senin 8/6/2020.


Pengukuhan tersebut menurut Kepala bidang operasional dan perlindungan masyarakat Satpol PP Ardiansyah Pasoo,SH dilaksanakan sesuai dengan peraturan menteri dalam negeri no 84 tahun 2014 tentang penyelenggaraan perlindungan masyarakat. 


"Pelantikan Satlitmas di 3 Kecamatan yang di kukuhkan sebanyak 30 personil, jumlah keseluruhan anggota satlitmas yang dikukuhkan sebanyak 82 personil", ucapnya


Sementara itu Kasat Pol PP Boalemo Adnan Marzuk,S.ST ,dalam sambutannya mengatakan satlinmas sebenarnya memegang peranan mendasar dalam penyelenggaraan ketentraman dan ketertiban masyarakat, satlinmas menjadi pendeteksi awal atas potensi - potensi konflik dan ketidak nyamanan didalam masyarakat.Ini dikarenakan akses mereka yang membaur dan bersentuhan langsung dengan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.


"Satlinmas keamanan pertama yang turun langsung bersama kepala desa jika terjadi perselisihan warga dan penanganan pertama terhadap bencana yang terjadi di desa itu", ujar Adnan.


Tak hanya itu, Adnan juga mengatakan Bupati/Walikota dalam melaksanakan penyelenggaraan ketertiban umum dan ketentraman masyarakat serta perlindungan masyarakat pada tingkat Kecamatan melimpahkan pelaksanaan kepada camat, dari camat kewenangan di limpahkan kepada kepala desa/lurah, dan kepala desa merekrut calon anggota satlinmas di desa/kelurahan masing-masing.


Satuan polisi pamong praja memiliki salah satu fungsi pelaksanaan kebijakan perlindungan masyarakat sesuai peraturan pemerintah nomor 6 tahun 2010 pasal 5. Dalam hal ini satpol pp kabupaten boalemo bertindak sebagai koordinator satlinmas di daerahnya.


Kasat Pol PP menyampaikan di kabupaten boalemo peran serta satlinmas eksis pada awal tahun 2020 namun berbagai kendala terutama keterbatasan anggaran maka kami dari satpol pp baru melaksanakan pengukuhan pada pertengahan tahun ini yang seharusnya dibina secara intensif.


Adnan mengharapkan kesadaran masyarakat kabupaten boalemo terhadap keberadaan satlinmas, ini nantinya akan mendorong pemberdayaan masyarakat untuk mencintai profesi satlinmas sebagai suatu profesi yang mulia. [HMS-SATPOLPP]


|

Copyright © 2019 Satuan Polisi Pamong Paraja | Didukung Oleh Smart Data Integrasi